Tips Babysitter Cerdas

Tips Babysitter

Menjadi babysitter cerdas, tentu tidaklah mudah. Tapi, jangan khawatir! Kami telah merangkum beberapa tips menjadi babysitter cerdas yang bisa diaplikasikan oleh para Mbak Suster dalam bekerja.

Penasaran? simak pembahasan berikut, yuk!

Pada dasarnya, apabila pekerja rumah tangga mampu menjalankan tugasnya dengan baik, tentunya akan menghasilkan hasil kerja optimal sehingga pihak pengguna jasa atau keluarga yang dilayani akan merasa senang dan puas. Tidak hanya itu, hubungan kerja dan kekeluargaan yang harmonis antara pekerja dan pengguna jasa juga bisa tercipta.

Menjadi babysitter sendiri pun, sesungguhnya bukan pekerjaan sederhana. Perlu keterampilan khusus untuk bisa menjadi Mbak Suster yang handal, serta disayang oleh anak asuhan dan keluarga pengguna jasa.

Apa saja sih, tips untuk bisa jadi babysitter handal dan cerdas?

Sayang Bayi/Anak Yang Diasuh

Ini adalah faktor paling penting bagi Mbak Suster yang wajib dipunya ketika bertugas. Apabila pekerja sudah memiliki bekal menyukai bayi atau anak-anak, nantinya tentu akan mempermudah dalam melakukan perkejaan. Babysitter cerdas memutuskan bekerja karena mencintai anak yang diasuh. Berbagai alasan bisa saja menjadi alasan Mbak Suster bekerja sebagai babysitter, contoh: karena alasan ekonomi serta tidak ada pilihan. Mungkin, awal mulanya demikian. Namun, ketika kelak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, lama kelamaan pekerjaan ini akan mendatangkan cinta. Bila pengasuh memiliki niat dan hati tulus, kelak anak yang diasuh akan membalas dengan memberikan kasih sayang yang setimpal.

Disiplin Waktu

Ini juga merupakan salah satu faktor paling penting bagi Mbak Suster ketika bekerja. Bangun tepat waktu adalah hal yang wajib diperhatikan oleh pekerja. Sebagai contoh, apabila keluarga pengguna jasa terbiasa bangun pukul 5 pagi, maka Mbak Suster harus bangun lebih awal. Minimal satu jam sebelum keluarga pengguna jasa bangun. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jadwal kegiatan keluarga. Ingat dan kalau perlu catat seluruh informasi jadwal kegiatan yang dimaksud. Seperti: pukul berapa aktivitas keluarga biasanya dimulai, pukul berapa keluarga sarapan, pukul berapa Bapak atau Ibu berangkat kerja dan pulang kerja, pukul berapa saja bayi yang diasuh makan, pukul berapa anak yang diasuh berangkat sekolah, dll.

Selalu Bersikap Sopan

Bersikap sopan, wajib dimiliki oleh pengasuh dalam bekerja. Tidak hanya berlaku dalam lingkungan pekerjaan, di setiap situasi sehari-hari, sopan santun tentu sangat dibutuhkan dan diterapkan. Oleh sebab itu, hal ini erat kaitannya dengan pekerjaan Mbak Suster.

Harap selalu diingat. Pengasuh atau babysitter yang cerdas, selalu berperilaku sopan pada Bapak, Ibu, anak yang diasuh, keluarga, serta orang-orang di sekitar keluarga pengguna jasa. Sebagai contoh: selalu berbicara menggunakan bahasa yang baik termasuk pada anak-anak, tidak berbicara tidak pantas atau berbicara bahasa kotor, tidak bercanda berlebihan baik di lingkungan rumah pekerja pengguna jasa ataupun di luar rumah pengguna jasa. Perlu diingat, sopan santun merupakan hasil latihan dan pembiasaan diri. Oleh karena itu, harap selalu bersikap sopan pada Bapak dan Ibu pengguna jasa, ya!

Sekian tips yang dapat kami berikan. Untuk tips-tips lainnya, kami juga membagikannya di laman Instagram kami, loh! Jadi, silakan cek laman Instagram kami juga, ya.

Dan bagi calon pekerja, yang ingin bekerja menjadi babysitter namun masih ragu atau bingung, segera hubungi kami di kontak tertera, ya! admin kami dengan senang hati akan menjawab keraguan Anda.

Oleh: Admin Yayasan Buah Hati Permataku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *